Thursday, December 19, 2013

A Disaster that Could Happen to People (Like Me): Getting into New Environment

Okay so this post may rather be a quick post about something that bothers my mind at the moment. Sebelumnya mau minta maaf nih, bahasanya akan rada nyampur-nyampur Inggris-Indonesia. Gue pakai bahasa Inggris karena ada hal-hal yang gak kena kalo pake bahasa Indonesia (dan biar makin keren..) dan Inggris gue gak sejago itu. Bakalan jadi essay kalo gue pake bahasa Inggris semua.

Gue baru aja mendengar sebuah percakapan kalau sepupu gue akan dipindahkan ke sekolah lain. Alasannya sih sederhana aja dan berhubungan sama akademis, ya biasa lah. Gue termasuk salah satu pihak yang menentang sepupu gue ini pindah. Kenapa? Karena menurut gue memindahkan anak ke tempat yang baru itu bukan sesuatu yang gampang dan tanpa resiko.

Well, kalo boleh jujur sih gue sebenarnya 'merasakan' apa yang mungkin sepupu gue ini rasakan ketika dipindahkan sekolahnya. Lo keluar dari zona nyaman lo, ke dunia baru yang lo gak tau sama sekali keadaannya. Tambahan, sepupu gue gak tau dia mau dipindahin dan orang tuanya udah nyaris sepakat sampai mau bayar uang pangkal sekolah segala. Bakal makin syok gak itu anak? Dasar dari perasaan gak enak soal masuk ke lingkungan baru ini adalah karena gue sendiri gak pandai bergaul dengan lingkungan baru. Gue tipe-tipe orang yang bakalan ansos gitu deh ketika pertama kali ada di lingkungan baru, apalagi kalau gue gak kenal siapapun di sana dan orang-orang lainnya udah saling kenal satu sama lain.

Gue bisa diem aja selama berminggu-minggu sampai orang lain ngajak gue ngomong, how I wish that moment will come faster. Gue bukan tipe orang yang menutup diri tapi lebih ke, menunggu orang datang ke gue. Meskipun dalam beberapa kasus gue memang merasa itu bukan lingkungan gue dan gue sengaja menutup diri. Tapi kedua alasan itu adalah akar dari sebab gue sering keluar dari suatu hal. I am a quitter, pathetic isn't it.

Suatu hari ada yang pernah bilang sama gue, katanya gaya gue cool banget gitu. Okeeyyy adalaahh bagian dalam diri gue yang seneng dibilang gitu. Tapi.. sebenernya gue lebih ingin jadi that person who goes crazy with everybody else rather than that person who is mysteriously admirable and people choose to watch me in distance.

Saat ini gue sendiri sedang mengalami keadaan dimana dalam beberapa minggu secara terpaksa gue kembali ke pola kehidupan lama gue (yang juga dipaksakan), parahnya lagi gue kembali menghadapi lingkungan baru gitu. Thinking about it just make me thinking about dying. Terutama karena gue gak pernah sukses dengan hal-hal kayak gitu, dan menurut pengalaman bahkan gue bisa satu tahun gak punya temen ngobrol sama sekali. Anjrit bro, setahun!? Iya setahun kakak. Gila banget kan gue.. Gue mencoba ngomong hal ini ke nyokap kalo gue gak ada temen disitu dan sebagainya, but noone believes. Bahkan pernah gue mengikuti semacam persiapan gitu deh sebelum menjalani sakramen krisma dan gue gak punya temen sama sekali di sana. Emang sih, kasus yang gue gak punya temen sama sekali itu kasus dimana gue emang sengaja gak mau berhubungan sama orang-orang di sana karena alasan tertentu..

Oke oke kembali ke topik pertama kita. Gue mengetik ini buat menuangkan perasaan aja, gimana gue ternyata emang se-ansos itu, kalo sendirian. Kalau misalnya dalam suatu lingkungan baru gue punya yang gue kenal aja, gue bisa dengan cepat menyesuaikan diri. Iya, tipe jagoan kandang banget. Contoh kasusnya ya pelatihan OSN kemarin. Kalo gak ada Sandy sama Ime, gue gak bakal ngobrol sama 6 orang tim DKI lainnya. Kalo gak ada Sandy, Ekle, Nindy, gue gak bakal bersosialisasi sama 20 orang anak pelatnas lainnya. Jadi sekarang ngerti kan kenapa gue sedih banget waktu Sandy pulang duluan? Karena kalo gak ada dia, gue gak bakal nulis pengalaman OSN gue di blog ini sebagai salah satu pengalaman menyenangkan gue. Malah kalo dipikir-pikir lagi mendingan dibilang gue mengelompok dengan anak Jakarta dan gak mau berbaur daripada gue dateng sendirian kayak Cahyadi atau Furqan. Gue gak kayak mereka berdua yang bisa ngomong dengan orang yang baru dikenal. Tapi percaya juga deh sama gue, gue sebenernya juga gak mau kayak gini. Hahaha, jadi inget, pas Puguh dibilang harus les kepribadian karena lebih cerewet kalo di dunia maya gue teriak dalam hati, that's so me.

Sampai sekarang berbaur sendirian di lingkungan baru bener-bener a big no no buat gue. Pilih gue deh sebagai loner sejati. Makanya gue masih kepikiran sama sepupu gue itu. Kasihan dia, masih SD udah mau pindah sekolah, gimana caranya simpen nomor temen-temen supaya bisa kontak-kontakan? Semoga aja sih sepupu gue gak kayak gue dan bisa bergaul di lingkungan baru dia nanti, gue bakal bener-bener berdoa untuk itu. Karena sampai sekarang gue sendiri masih berpikir kalau ide pindah sekolah itu bener-bener disaster.

Tapi kan kata orang let it flow aja. Gue berharap selain bisa bersosialisasi, sepupu gue bisa ketemu dengan satu orang baik (yang biasanya pasti ditemukan di komunitas manapun) dan ada orang yang mau ngajak dia bergabung. Gue juga berharap gue bisa ketemu satu orang baik itu.

No comments:

Post a Comment