Saturday, September 21, 2013

OSN Geografi part 2: The Core Occasion

Ketika sedang menulis postingan ini dan gue copy ke Microsoft Word, ternyata.. Sampai 18 pages :o jadi gue bagi lagi menjadi 3, dan postingan sebelumnya bisa dilihat disini.

Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional 2013, 2-8 September 2013, Bandung

THE DAY HAS COME!

Pagi harinya gue dan 2 orang kakak kelas gue lainnya, Eric Edwin dari bidang Kebumian dan Hadrian Gunawan dari bidang Fisika, berkumpul di SMA Fons Vitae 1. Tadinya sih kita disuruh kumpul pukul 06.30 tapi ternyata ngaret-ngaret juga. Selama menunggu rasanya gue malu banget.. Gue satu-satunya yang pakai batik disitu dengan mencolok. Ada juga seorang ibu-ibu yang ternyata kenal sama gue dan dia bilang muka gue berubah dari jaman gue masih SD. Gue cuman bisa senyum-senyum sambil dalam hati mikir, "Tante siapa..." dan gue sebenernya udah ngomong, "tante siapa ya?" tapi dia gak dengaarrr dan gue sampai sekarang masih penasaran dia siapa. Akhirnya setelah menunggu 15 menit kita berangkat pukul 06.45 dengan mobil dinas sekolah. Ada satu kejadian disini dimana gue sebelum mau berangkat ternyata ketemu sama suster-suster yayasan. Salah satu suster yang sudah lumayan sepuh tiba-tiba ngedatengin gue dan memberkati gue gituu, dia menasehati gue soal jangan takut untuk terus maju ke tahap selanjutnya.. Setelah itu gue berangkat.

Perjalanan termasuk lancar dan gue sampai di Dinas Pendidikan Jakarta di Gatot Subroto jam 7 lewat. Disana sudah ada Gaby (yang selalu sampai pertama!) dan Pak Danu. Gue kan dianter guru gue ya, Bu Ratna dan Bu Ivonne. Nah masa Pak Danu tiba-tiba nanya ke Bu Ratna, "Ini mamanya?" dan gue cuman cengo. Anjir muka kita sangatlah berbeda pak.. Terus seakan tidak kenal menyerah (cielah) dia nanya lagi ke Bu Ivonne, "Yang ini yang mamanya?" Plis Pak :)) Setelah beramah tamah dengan guru sma ponpit (haha) akhirnya gue bisa berkumpul dengan teman-teman gue.. Sudah ada Gaby dan Sandy, kita langsung naik ke lantai 2 untuk ikut semacam acara pelepasan. Sebenernya Haniev udah sampai tapi pada gak tau dia dimana. Di perjalanan naik gue ketemu dengan Michael Wibawa atau MW, temen SD gue yang sekarang ikut OSN Komputer. Di lantai 2 setelah nge-tag tempat (yaiyalah orang dateng pertama..) ternyata kita harus berpindah lagi berkali-kali. Nindy dan Noviandi datang kemudian, yang disusul oleh Febrio dan Ekle. Kedatangan Ekle cukup mengejutkan karena dia bawa Atlas yang super gede dan super berat, yang kalo dirupiahkan (katanya) harganya bisa 1,3 juta. *poker face*

Setelah acara pelepasan yang ngaret juga, kalo gasalah baru mulai di atas jam 9, akhirnya masuklah kita ke dalam bus dan bersiap-siap untuk berangkat. Selama di perjalanan Febrio ngebaca Atlas, iya dia rajin banget.. Terus Ekle nge-retell Mr. Bean yang ada di TV hari Minggu yang ternyata lucu banget. Gue nyesel gak nonton.. Selebihnya dia tidur dan gue gak ada temen sehingga gue tidur juga. Menurut rencana harusnya kita makan di rest area jam setengah 1 siang tapi ternyata maju menjadi jam setengah 12. Gue bete. Ini berarti gue terpaksa bangun di tengah waktu tidur gue yang berharga.. Tak hanya itu, artinya gue harus berjuang untuk makan makanan yang lagi-lagi padang lebih cepat. Tapi setelah makan ayamnya, ternyata enak juga.. Bahkan gue bisa ngabisin ayamnya Ekle yang udah kena cabe err..

Perjalanan berlanjut selama kira-kira 1 jam (dengan Ekle yang lagi-lagi bobo....) dan sampailah kita di Garden Permata Hotel! Lobby-nya keren, dan begitu sampe kita dikasih tas dan kaos serta mengisi data diri. Begitu naik ke kamar... Oke ini spooky abis. Dengan koridor remang-remang dan karpet yang agak bernoda, suasana jadi agak lebih serem dibandingkan dengan di Grand Tropic. Sesampainya di kamar ternyata sudah ada orang yang sampai (yang sempet ngagetin pas ngeliatnya pertama kali). Gue dan Gaby awalnya ngetag kamar yang di dalam tapi dengan pertimbangan yang bijaksana, kita memilih untuk tidur di kasur luar aja.. Selain jadi menguasai TV, lebih terang dan gak serem. Kita jadi jauh lebih bersyukur lagi begitu ke kamar 305 (kamarnya Ekle, Nindy, dan Haniev) yang lebih gelap lagi. Gue dan Gaby menghabiskan waktu dengan main laptop bentar sebelum mandi dan makan bersama di bawah. Dan pas makan di restoran gue sadar kalo misalnya restorannya emang jauh lebih gede daripada yang di Grand Tropic. Gak sabar nunggu breakfast..


Tanggal 3 September 2013, setelah kembali makan omelette sebagai breakfast dan koko krunch, jam 8 kami dijadwalkan untuk berangkat ke Saboga atau Sasana Budaya Ganesha, semacam auditoriumnya ITB. Ini agak keren, akhirnya check in gue di Foursquare bener-bener tempat yang bergengsi tinggi gitu.. Sayangnya ada semacam kesalahan teknis. Kita tidak (atau belum) dipesankan bus sehingga rombongan yang berangkat ke Saboga dipecah dalam rombongan-rombongan kecil sekitar 9 orang yang diantar menggunakan mobil biasa semacam SUV. Bayangkan, sekitar 300 orang diantar dalam rombongan berisi 9 orang sekali jalan, dengan catatan menunggu mobilnya pun lama. Akhirnya rombongan Geografi Jakarta baru bisa berangkat jam 9 (ketika acara di Saboga dimulai jam 9!) ketika bus akhirnya datang. Itupun masih banyak anak yang ternyata masih belum muat di dalam bus.

Sesampainya di Saboga, agak syok juga sih karena isinya lumayan keren. Lebih syok lagi ketika pembawa acaranya artis dan kita akan didatangkan Rini Idol. Berasa disambut banget yaampun gue terharu.. Gue gak tau apa yang terjadi selanjutnya tapi yang jelas Febrio sampai tertidur dan gue sibuk BBMan sama nyokap. Mamiii aku liat artis..
SABOGA September 3rd 2013, I never wondered I'd be here..


MC
Rini IDOL
Begitu acara selesai kita menuju bus lagi untuk kembali ke hotel. Tapi hal nyebelin kembali terjadi dimana anak gue dan banyak orang lainnya kembali gak dapet bus. Sumpah ya kalo hari pertama langsung tes pasti kacau banget, mekanismenya jelek parah gini. Dari acara yang selesai kira-kira jam 12, kita sampai di hotel jam setengah 2 dan langsung makan karena udah laper banget. Jadwalnya sih jam 2 ada technical meeting tapi ternyata ada seorang pembimbing yang bilang kalo TM diundur jadi jam setengah 3. Kita udah capek banget dan memutuskan untuk ngumpul bentar di kamar gue sampe ternyata keadaan jadi bener-bener sepi sebelum jam setengah 3. Lalu kita mulai bertanya-tanya, ini TM beneran diundur gak sih? Setelah ngecek ke tempat pertemuannya, ternyata kaga jadi diundur.. Ngeselin gak sih.. Alhasil kali ini kita yang telat.

Sewaktu TM ada semacam pembagian kelompok lalu dikumpulkan per kelompok untuk briefing praktek. Kita sekalian dikasih print out dari Google Earth yang menurut gue sih keren, tinta laser bro! Lalu kita juga dikasih penggaris, spidol, dan pensil warna yang-ternyata-bukan-Faber-Castell. Selesai TM langsung balik lagi ke kamar untuk belajar mandiri. Gue sendiri udah mulai baca-baca dan setelah itu gue meneruskan baca buku sebentar sebelum akhirnya mandi, makan, dan belajar bareng di kamar 305 yang seterusnya jadi basecamp kita kalo mau belajar.

Hari itu kita belajar Multimedia meskipun gue rada bingung dengan apa yang mau dipelajari.. Menjelang malam sekitar jam 11 ketika udah pada ngantuk, ternyata Noviandi dan Febrio datang dan akhirnya waktu belajar ditambah. Ada kejadian gak terduga dimana Febrio tiba-tiba ngebuka koper Haniev, "Wah, banyak buku," tapi Haniev langsung teriak.. Terang aja lah, di koper itu kan gak cuman ada buku.. #oiykwim

Malam itu gue memutuskan untuk nginep di kamar 305 karena kalo tidur di kamar gue sendiri, gue takut gak dibangunin :( Gue tidur jam 1 gara-gara baca buku dan hebatnya, gue bisa bangun jam 4 WOW. Biasanya jarang banget gue begadang dan bisa bangun subuh kecuali kalo ada event kayak ujian gini. Gue dan Ekle langsung ngedatengin Ime untuk ngebangunin dia yang bikin Ime kaget karena biasanya gue yang bangunnya paling lama huahaha. Setelah itu gue kembali ke kamar 206.

Di kamar gue sendiri, gue lupa kalo gue gak baca kunci. Akhirnya gue membunyikan bel dan ternyata Gaby yang ngebukain gue pintu dengan TV menyala. Terus gue kaget, Gaby gak tidur atau emang udah bangun?.. Tapi ternyata saluran TVnya adalah saluran TV lokal dengan acara yang macam dangdut-dangdut gitu dan Gaby langsung tidur lagi. Ternyata dia takut jadi nyalain TV.. Gue jadi merasa bersalah meninggalkan Gaby :(

Gue gak langsung mandi tapi nonton TV dulu, lalu ternyata gue masih ngantuk.. Gue pun tidur-tiduran bentar dan ketiduran sampai ternyata gue mendengar bunyi bel. Saat itu udah jam 5 dan untungnya gue bangun, malu dong kalo udah bangun jam 4 pagi tapi ujung-ujungnya ngaret.. Ternyata yang membunyikan bel adalah seorang ibu-ibu dan dia mencari anak di kamar gue. Gue pikir dia pendamping provinsi kan, lalu gue tinggal mandi deh daripada gue ketiduran lagi. Selesai mandi gue buka laptop (dengan susah payah) untuk belajar soal-soal PDF setelah sebelumnya gue membangunkan Gaby. Sekitar jam 6 akhirnya Ime dan kawan-kawan datang ngajakin sarapan dan gue keluar kamar. Di luar ternyata Gaby baru ngomong kalo yang dateng itu ternyata guru yang ngajarin muridnya.. Gue baru ngeh apalagi sudah ada peraturan kalo guru gak boleh lagi ketemu sama muridnya.

Saat makan, eng ing eng, ternyata ada hashed potato! Gue langsung makan banyak woohoo dan gue kenyang banget pagi itu.. Kemudian jam sekitar jam setengah 7 kita berangkat menuju SMAN 5 Jakarta tempat pelaksanaan tes tertulis dan multimedia yang akan diselenggarakan hari itu.

Begitu sampai di SMAN 5 gue agak syok karena ternyata bangunannya persis bersebelahan dan bahkan tersambung dengan SMAN 3 Bandung, hanya dibedakan oleh semacam ruang tengah. Gue sempet ke WC dan ngeliat papan pengumuman SMAN 3, agak syok karena ternyata anak remedial ketika rata-rata ulangan harian dia bahkan mencapai 8 atau 9. Katanya sih SMAN 3 Bandung itu semacam SMAN 8-nya Jakarta. Terharu lagi nih gue..

Langsung aja, gue berasa bisa saat mengerjakan tes tertulis tapi agak bingung saat ngerjain tes multimedia dan praktek laboratorium, tapi gue masih rada percaya diri. Gue malah mencemaskan hal lain saat mengerjakan tesnya hahaha.

Sekitar jam 4 tes selesai dan kita semua kembali ke hotel. Agak merasa lega karena sebenernya yang menjadi beban buat gue adalah tes tertulis, kalo tes praktek lapangannya gambar-gambar gue bisa-bisa deh.. Jadi ketika belajar bareng di 305 kita gak se-intens hari sebelumnya. Hmm dan kalo gak salah makan malemnya enak deh, kayaknya hari itu gue makan kai lan dan meskipun rada tua, tetep aja enak.. Akhirnya gue makan sayur hahaha.

Esok harinya gue rada kesiangan karena gak nginep di 305. Nyesek adalah ketika lo bangun tidur dan semua orang udah ngumpul di depan lo siap untuk berangkat. Gue buru-buru mandi karena gak enak dan untungnya sih keberangkatan ke lokasi tesnya gak se-on time hari sebelumnya. Pada praktek lapangan disediakan waktu 3,5 jam dan gue agak menyesal karena meremehkan gitu. Gue menyediakan waktu menggambar hasil akhir sekitar 1 jam padahal ternyata waktunya mepet meskipun pada akhirnya gue berhasil mengumpulkan dengan tepat waktu, bener-bener tepat. Selesai tes praktek kita semua dikumpulkan untuk bersiap-siap menuju Museum Geologi. YUP ada lagi hal nyebelin yang 'itu', apalagi kalo bukan ngaret dan kali ini ngaretnya sampai 1 jam padahal busnya tinggal jalan doang. Sesampainya di Museum Geologi sih lumayan seru ngeliat berbagai hal dan nonton film yang intinya kayak 'memberhentikan' waktu untuk ngeliat ke masa sebelumnya bumi ini kayak apa dan dimana. Ehya, menurut gue filmnya rada gak klimaks. Di puncak penjelasan soal naiknya Mount Everest dengan backsound yang lagi heboh-hebohnya, tiba-tiba filmnya abis. Udah, gitu aja. Semacam sengaja di stop.. 

Di luar Museum Geologi kita foto bareng ternyata satu angkatan pertama Geografi Indonesia #eaa. Ada acara bikin yel-yel segala yang ditambah-tambahin terus dengan motor yel-yelnya adalah Uyun! Sejak saat itu tiap kali ngeliat dia gue selalu ingat, "Eh, itu kan si Geografi!" karena tugas dia memang meneriakan kata Geografi. Emm ada satu kejadian disini yang menurut gue rada parah. JADII ada seorang kakak yang mirip gitu dehh sama Afriyani yang di Tugu Tani.. Pokoknya dia yang mengomandoi kita kayak posisi kita dan semacamnya. Tiba-tiba gatau kenapa dia teriak begini, "EH! Itu kamu yang disana dari Papua ya?!" Menurut gue ini fail banget. Kayak gini deh, apa sih tujuannya teriak begitu? Apalagi kata 'Papua' emang biasanya dikonotasikan dengan hal-hal yang pastinya bukan hal-hal positif lah.. By the way si Afriyani di akhir sesi foto kita tiba-tiba menggelar acara sesi foto sendiri dengan kita dijadikan background. Gak kenapa-kenapa sih cuman lucu aja ngeliatin orang lagi foto.. Cuman yang liat yang ngerti :p

Ohya, hasil foto kita dipajang di web ini lohhh! Gue disini bahagia banget.. tapi lebih baik daripada Ekle yang gak mirip Ekle (?) hahaha.

Akhirnya kita kembali lagi ke bus. Gue mendapati sebuah insiden dimana ada teman dari daerah yang ditawarin membeli gantungan kunci OSN seharga 30 ribu satunya.. Dan dia menawar 50 ribu dapet 3.. Gue cuman bisa pasrah, mau ngasih tau kalo gantungan kunci gituan paling mahal goceng juga gak enak sama abangnya. Lucunya, abangnya itu nawarin gue juga dan langsung gue tawar, "Lima ribu tiga." Ya jelas ditolak dia lahh haha nanti ketauan dong sama konsumen sebelumnya kalo harganya jauh lebih murah :p. Sewaktu pulang dari Museum Geologi gue duduk di kursi bagian depan dan baru sadar.. Ternyata selama ini kita tuh bener-bener dikawal sama polisi. GUE MAKIN TERHARU SODARA! Tapi kocaknya, ternyata saking semangatnya mengawal kita (?) salah satu polisi lupa naikin standar motornya sampe-sampe kita heboh sendiri takut dia jatoh haha, bisa jadi insiden dong.

===

postingan selanjutnya bisa dibaca disini.

1 comment:

  1. Hai Kak! Saya suka sekali membaca postingan kakak, meskipun saya yang ketinggalan jauh karena sekarang sudah 2016 #poorme
    Kak, ada beberapa hal tentang OSN geografi #ehem yg ingin sy tanya ke kakak, kalau kakak berkenan, bolehlah lah kak sapa saya di e-mail. Ini e-mail saya aikakana00@gmail.com
    Thx kak!

    ReplyDelete