Thursday, July 11, 2013

Like Seasons (Not in the Sun!)

Gue bener-bener bingung dengan diri gue. Entah kenapa gue ngerasa belakangan hari ini pandangan gue tentang beberapa orang yang dekat di kehidupan gue berubah.

Kalau ditanya kenapa, gue bakal jawab, "Kalo gue tau, gue gabakal kepikiran sampek kayak gini." Kalau misalnya tau sumber masalahnya, pasti gampang diselesaikan kan? Nah, masalahnya gue gatau kenapa. Sebenernya sih sederhana aja, gue cuma ngerasa gak kayak dulu lagi. Bukannya ngerasa, "Ah lo dulu kalo bales BBM gue cepet." Come to think of it, justru gue yang berpandangan kayak gini, secara satu arah. Tanpa alasan yang jelas. Gue merasa jadi orang kok jahat banget, rasanya tiba-tiba bawaannya pengen ngejauh aja. Bahkan ketika ketemu gue gak bisa maksain diri gue untuk ngelakuin senyum palsu, I am not that good at faking smiles. Gak nyaman kalo deket kayak dulu. Bahkan sempat kepikiran, apa gue menjauh aja?

Rasanya tuh beda dengan ketika lo lagi pengen sendiri dan gak mau diganggu siapa-siapa. Tetapi ketika denger nama orang itu aja, rasanya tuh beteeee banget. Kalo dipikir-pikir lagi gue bahkan udah pernah ngalamin ini sekitar beberapa kali.. Dan ketika akhirnya gue menjauh, rasanya tuh plong aja gitu. Beberapa hari kemudian gue ngerasa biasa lagi, parahnya, justru beberapa hari kemudian itu gue baru merasakan semacam rasa bersalah.
Menjauh dari beberapa orang dalam hidup lo sebenarnya mungkin biasa aja bagi beberapa orang. Tapi gimana kalo, lo ngejauh dari orang yang bener-bener deket sama lo, terus biasa ngobrol sama lo setiap hari? Kayaknya mungkin cuma gue deh.. Sekarang gue bingung banget. Gue pengen ngejauh tapi di sisi lain gue bener-bener gak mau ngulangin kesalahan yang sama dimana gue kehilangan beberapa teman baik dalam hidup gue. Gue pengen ngelanjutin pertemanan ini, tapi nanti gue yang ngerasa gak enak sendiri?

Dalam hati, gue udah bisa mereka-reka sih penyebabnya.. Mungkin, ini semua gara-gara hal ini terjadi secara terlalu cepat. Ngerti gak? Maksud gue, pilih mana deh, PDKT selama 1 bulan atau hubungan yang pelan-pelan dari cuman temenan biasa tapi udah lamaaa banget sampai akhirnya tumbuh perasaan itu? Kayak gitu aja sih ilustrasinya. Kadang-kadang hal yang dimulai dari gak kenal sama sekali terus lama-lama deket lebih baik daripada suatu hari bilang, "Hai," terus tiba-tiba langsung ngobrol panjang lebar. Dan iya, gue itu tipe orang yang bisa langsung ngobrol panjang lebar padahal baru beberapa hari kenal.. Kadang gue merasa gue gampang banget bikin orang deket sama gue *plak*. Haha, gak kok bercanda, itu cuman di certain cases ajaa :p

Ehem, oke, jadi gue harus gimana? :((

= = =

Itu mungkin apa yang gue bakal tulis disini, kalau misalnya seminggu lalu, tulisan ini gak gue hapus dari draft.

Tapi, terima kasih Tuhan, ternyata dalam beberapa hari setelah gue tahan-tahan banget, gue bisa mengatasi perasaan gak mengenakan ini. Sekarang udah biasa lagi, bahkan gue kembali senang ketika kita ngobrol-ngobrol lagi.

Gue gak tau apakah ini gue yang labil apa gimana, tapi gue menemukan satu tweet yang cukup menggambarkan apa yang gue alamin. "Jangan menjadi gembira ketika orang bilang 'I love you' kepadamu karena perasaan manusia berganti-ganti bagaikan musim." Dari situ gue mengambil satu kesimpulan atau setidaknya satu pelajaran berharga untuk kedepannya: jangan pernah mengambil keputusan gegabah hanya karena hal sepele. Terlebih ketika lo memutuskan untuk menjauh dari seseorang atas dasar apa yang lo rasakan yang lo tau cuma sementara. Yahh, berlaku sebaliknya sih ketika jangan memutuskan memberikan segala-galanya cuma gara-gara lo jatuh cinta sesaat.. #jleb

Gue memutuskan untuk memaksakan diri bersikap biasa aja, dan disinilah gue. Segala sesuatunya kembali seperti semua dan bahkan gue sendiri sekarang malah bingung kenapa gue pernah ngerasa kayak gitu.


Tulisan ini gue buat supaya nantinya kalau ternyata hal yang sama terjadi, gue bisa kembali buka-buka tulisan lama ini. Supaya gue ingat, kalo gue pernah mengalami hal yang sama, dan pernah melewati hal yang sama juga. Juga supaya kalian yang ngebaca tulisan gue (berasa pembacanya lintas pulau) gak melakukan kesalahan kayak gini.

No comments:

Post a Comment