Friday, December 21, 2012

One-Way Communication

Di suatu hari yang gak cerah-cerah amat, murid di suatu kelas di lantai 3 sebuah bangunan yang masih berwarna hijau sedang asyik mendengarkan guru. Saat itu pelajaran Teknologi Komunikasi dan Informasi.

Sebut saja Bunga Pak Sugus, ia sedang menjelaskan mengenai komunikasi. Kurang ingat apa materinya, tapi masih terekam jelas dalam pikiran saja ia menggambarkan grafik sebagai berikut,

Kira-kira begitu.
Maklum aja jelek, saya pakai mouse dan memang gak punya pen tablet hiks.

"Komunikasi itu bisa dibedakan menjadi dua menurut alurnya, ada one-way communication, ada juga two-way communication. Dapat kalian lihat disini, pada one-way communication si P1 aktif memberikan informasi ke P2. Sedangkan pada two-way communication, P2 selain sebagai penerima dia juga memberikan informasi kembali kepada si P1," demikian Pak Sugus menjelaskan pada kami.

Ia kemudian menambahkan beberapa garis pada grafiknya.



"Nah disini dapat kita lihat, umm maaf gambar saya jelek, bahwa pada one-way communication bisa jadi penerimanya disebut lebih dari satu. Ini dinamakan broadcast. Pernah dengar istilah, 'broadcast radio'? Nah itu contohnya. Jadi, broadcast juga termasuk salah satu kegiatan yang dikelompokkan dalam one-way communication."

Sebagai murid kelas 7 yang lugu (plus otak yang masih 'lowong') saya langsung teringat akan materi ini.  Sampai sekarang.

***

Ga terasa ternyata 3 tahun udah berlalu, sekarang materi TIK gue itu pemrograman mySQL (hiks) tapi masih, pelajaran 3 tahun lalu itu melekat di otak gue!

Oleh karena itu.........







*jeng jeng jeng*









Gue memutuskan dalam rangka mengurangi efek negatif gadget, gue akan menerapkan one-way communication beberapa hari ini. Jadi gue meminimalisir sebanyak mungkin interaksi lewat dunia maya, dimana gue menjadi active user. Jadi blog ini sebagai media one-way communication masih akan di-update, selain itu Facebook juga.. Kalau Anda beruntung, temukan saya di salah satu daftar Chat atau jika Anda hoki (apa bedanya hoki sama beruntung..) maka Anda akan mendapat ucapan ulang tahun dari saya! *tentunya jika Anda sedang berulangtahun.

Salah seorang teman gue pernah bilang begini, "Gila Na lo kayak menghilang, ga nge-tweet terus BBM juga mati." Hihihi, kayaknya seru juga ya begitu lagi. Semacam mata-mata aja deh B-)

Oleh karena itu * badam tss* sudah berjalan selama 4 hari ini, gue me-nonaktif-kan BlackBerry Messenger gue, serta tidak menge-tweet. Selain karena alasan yang ada di postingan ini, gue juga merasa kalo akhir-akhir ini gue bacot banget di twitter. Bayangin! Sampe nge-balap tweetsnya Abner :O *pamer yang terselubung*

Selama ulangan umum kemarin juga tangan gue gatel banget buat nge-tweet. Dan terbukti sekarang selama gue menjalani 'terapi one-way communication a la Nana' ini, belum ada perasaan mau buka twitter yang sampe gimana-gimana banget. Kayaknya sih biasa aja gitu. Apakah ini karena gue disibukkan oleh NCIS dan buku-buku?? Tak tahulah..

Semoga gue dapat menjalani hari dengan asik-asik aja tanpa gadget! =))



***

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan serta adanya berita penting, gue masih bisa di-Whatsapp atau di-SMS ke nomor yang tercantum di Blog ini kok ;)

No comments:

Post a Comment