Thursday, October 27, 2011

Cara Nambah Font Bervariasi di Komputer/PC

Mulanya, gue gatau gimana caranya. Soalnya, dari laptop gue udah bawaan gitu abis di service.
Ya, sejak di-service, gue jadi bisa pake macam-macam font yang jarang orang lain punya. Sampe ngebikin temen-temen gue ngiri gitu sama kekerenan gue huehuehue.
Oke, daripada lama basa-basinya, langsung aja gue kasih tau gimana caranya.
1. Download font. Biasanya sih gue download di sini
2. Kalo udah, biasanya file akan berbentuk .zip dan terdapat di file Downloads (kecuali kalian set dulu)
3. Klik kanan di file itu, pilih extract here.
4. Nah, file hasil extract akan berbentuk TrueType fonts. Shortcutnya biasanya beda2, ada yang gambarnya huruf A, T, atau O. Tapi sama aja kok. File itu lo klik kanan, pilih copy.
5. Abis itu, kalian ke control panel. Tau kan caranya? Klik kanan di Start, pilih Explore. Trus pilih Control Panel di daftar folder di sisi kiri monitor kalian.
6. Sampe di Control Panel, kan ada Printer and Faxes, Mouse, dll. Kalian pilih Fonts. Buka file itu.
7. Nah di Fonts akan ada banyak file bertipe TrueType juga (default komputer kalian). Cara terakhir kita cuman tinggal klik kanan, Paste. Otomatis file fonts tadi akan ke-install.

Buat ngecek, coba deh kalian buka wprd, di font styles. Pasti ada kok ;)
Buat pengguna Mac OS, jangan takut. Ini juga berlaku kok buat Mac OS, apalagi Windows. Tapi mungkin cara install di Mac agak beda.

***

Sekian dari gue. Mohon comments-nya ya! :D

1 comment: